Belajar Drum #2: Cara Menyetel Drum

post

Belajar Drum #2, blog series saya kembali lagi. Bagi-bagi tips seputar gimana main drum yang baik ternyata enak juga. Nah sekarang simak deh nih gimana cara nyetem drum

Setelah belajar drum memilih stick yang tepat, belajar drum belum lengkap kalau belum tahu cara menyetel drum kit. Men-tuning drum kit itu penting biar drum kit kamu menghasilkan suara yang mantap dengan standar yang diinginkan. Drummer pemula atau yang baru mulai belajar drum, memiliki kemampuan untuk tuning drum akan sangat bermanfaat nantinya.

Untuk tuning drum, kamu hanya butuh kunci drum. Kunci drum adalah alat yang digunakan untuk menyetem drum. Harganya murah kok, dan banyak tersedia di toko musik. Jadi selain punya stik drum, awal belajar drum kamu harus sudah punya kunci drum.

Secara umum, ada tiga bagian dari drum kit yang perlu kamu tuning, yaitu Snare, Tom, dan Bass drum.

Cara Menyetel Snare Drum

Ada tiga bagian juga dari snare drum yang perlu kamu tuning agar menghasilkan suara yang bagus, yaitu batter head (kulit bagian atas), snare head (kulit bagian bawah untuk merespon snare wire), dan snare wire (kawat di bawah snare).

Pertama, lepaskan batter head dari shell (badan drum). Caranya, longgarkan semua baut pada head snare menggunakan kunci drum. Tidak perlu sampai baut copot. Cukup sampai baut kendur dan mudah diputar dengan tangan. Kemudian lepas batter head dan bersihkan bagian dalam snare dengan hati-hati menggunakan lap halus.

Kemudian lenturkan batter head secara perlahan dengan menekan bagian pinggirnya ke dalam. Setelah itu, letakkan kembali ada shell-nya. Letakkan rim (besi lingkar), dan putar baut menggunakan tangan terlebih dahulu secara diagonal sampai tidak bisa diputar lagi. Setelah itu, kencangkan baut dengan kunci drum. Setelah baut kencang, pukul bagian pinggir batter head dengan kunci drum untuk memastikan semua bagian menghasilkan bunyi yang sama. Lakukan beberapa putaran sampai kamu mendapat suara yang diinginkan.

Untuk menyetel snare head, kamu perlu sangat berhati-hati karena bagian ini sangat tipis. Cukup buat ketegangan bagian ini lebih tinggi dari batter head agar dapat merespon snare wire dengan baik. Tapi sebaiknya jangan menyetel snare wire terlalu tegang karena akan membuat suara snare jadi tidak maksimal.

Yang paling penting, gunakan intuisi yang baik saat menyetel snare drum agar bisa tahu suara yang dihasilkan sudah mantap dan sesuai keinginan.

Cara Menyetel Tom Drum

Ada dua jenis tom drum, yaitu Rack Tom (tom drum yang posisinya bergantung) dan Floor Tom (tom drum yang diletakkan di lantai). Cara menyetel tom drum tidak jauh beda dengan cara menyetel snare drum. Yang perlu diperhatikan adalah carilah suara yang pas, tidak pecah tapi juga tidak tertahan. Kalau terlalu longgar, suaranya bakal pecah. Kebalikannya, jika terlalu keras, suaranya bakal tertahan.

Karena Tom adalah bagian drum untuk menambah harmonisasi saat main drum, jadi sebaiknya aturlah suara yang dihasilkan dari Tom agar harmonis dengan Snare maupun Bass drum.

Jangan lupa untuk menyetel resonant head (head bawah untuk meresonansi suara). Ketegangan resonant head sebaiknya sedikit lebih rendah atau sama dengan batter head.

Cara Menyetel Bass Drum

Nah, kita sampai ke bagian yang cukup rumit dalam belajar drum, yaitu cara menyetel bass drum. Ada beberapa ukuran diameter dari bass drum, contohnya 16” atau 18”. Ukuran standar bass drum adalah 18”. Bass drum ukuran 16” biasanya banyak digunakan oleh drummer jazz.

Sebenarnya cara menyetel bass drum tidak jauh berbeda dengan cara menyetel snare dan tom drum. Hanya saja, saat batter head dibuka, sebagian besar drummer memasukkan semacam busa yang kira-kira tebalnya 3 cm. Bisa busa, bisa kain bekas, handuk, atau bantal dengan lebar yang sama dengan panjang bass drum, sehingga menyentuh kedua head. Tujuannya biar kamu bisa mendapatkan suara bass drum yang mantap.

Setelah memasukkan busa tadi, pasang kembali batter head, putar baut secara diagonal sampai kerutannya hilang. Setelah itu, pasang resonant head (kulit depan bass), setel dengan ketegangan yang sama dengan batter head.

Saya sih menyarankan untuk mengganti drumhead (membran bass drum) dengan bahan berkualitas bagus, seperti DuPont.

Ada beberapa drummer yang menyetel atau tuning drum menggunakan bantuan bass gitar. Mereka menyamakan nada pada bagian bass drum dengan nada E, tom kiri dengan nada A, tom kanan dengan nada D, dan tom floor dengan nada G.

Nah, itulah cara menyetel drum. Meskipun baru belajar drum, jangan pernah bosan mengutak-atik setelan untuk mendapatkan suara yang sesuai selera.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

comments